Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula
 

Emas menjadi barang berharga yang sudah sangat populer di masyarakat, baik emas untuk perhiasan atau emas untuk disimpan sebagai investasi. 

Emas yang disimpan dalam waktu lama, akan mengalami peningkatan harga yang menguntungkan. Emas selalu mengalami peningkatan harga dari tahun ke tahun dan emas juga menjadi produk yang terhindar dari inflasi.

Dengan semakin sedikitnya jumlah sumber daya alam yang bisa menghasilkan emas, maka menjadi salah satu indikator meningkatnya harga emas. 

Potensi keuntungan investasi emas, membuat banyak orang ingin memiliki kekayaan dalam bentuk emas. 

Untuk bisa mengumpulkan emas memang bukan perkara yang mudah, karena diperlukan berbagai cara untuk hasilkan emas yang berlimpah.

Cara Investasi Emas Untuk Pemula Dengan Langkah Mudah

1. Buat Tujuan Anda Dalam Berinvestasi Emas

Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Ketika anda memiliki keinginan untuk melakukan berbagai aktivitas, maka anda harus memiliki tujuan yang jelas. Dengan penentuan tujuan, maka anda bisa lebih fokus dalam menjalankan setiap proses. 

Begitupun saat ingin melakukan investasi emas, maka anda harus memiliki tujuan investasi yang jelas dan pastikan targetnya harus realistis.

Hasil investasi emas memang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan masa depan seperti ingin membangun sebuah perusahaan, ingin menjalankan ibadah haji atau umroh, ingin membeli rumah, ingin memiliki mobil yang mahal dan berbagai tujuan lainnya. 

Untuk mencapai tujuan, maka anda harus fokus dan harus investasi secara konsisten.

Untuk lebih penunjang investasi emas, sebaiknya buatlah tujuan yang detail dan jelas. Jangan membuat tujuan yang ambigu atau kurang jelas.

Apabila tujuannya hanya sekedar investasi untuk biaya sekolah anak, maka investasi bisa dilakukan dalam beberapa tahun saja. 

Namun saat tujuan investasinya untuk membuat perusahaan, maka investasi harus dijalankan dalam waktu yang lumayan lama.

Bagi para pemula, investasi emas memang sangatlah aman. Selain resikonya yang sangat minim, investasi emas juga tidak terlalu ribet prosesnya. 

Investasi emas hanya membutuhkan proses beli dan jual. Kini investasi emas tidak hanya bisa dilakukan dengan memiliki emas secara fisik, namun anda juga bisa melakukan investasi emas digital.

2. Pilih Perusahaan Penyedia Emas Yang Terpercaya Dan Memiliki Legal Hukum

Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Investasi emas tetap harus dijalankan dengan penuh kehati-hatian dan salah satu caranya dengan memilih penyedia emas yang legal secara hukum. 

Pastikan membeli emas di tempat yang terpercaya, sehingga anda harus tau rekam jejak penyedia emas. Dengan pemilihan penyedia emas yang baik, maka anda bisa terhindar dari berbagai tindak penipuan.

Penipuan yang menimpa para penipu emas memang sudah sangat banyak dan alasan penipuannya sangatlah beragam. 

Untuk lebih aman pastikan memilih perusahaan yang terpercaya dan sudah berkiprah dalam waktu lama dalam bidang jual beli emas. 

Jangan mudah tergiur dengan tawaran emas dengan keuntungan lebih dari 50%, karena berpotensi penipuan.

Untuk membeli emas digital anda bisa memiliki perusahaan terpercaya seperti PT. BIG, Mini Gold, PT Antam, ODC Enterprise dan berbagai perusahaan berlisensi lainnya. 

Investasi emas digital juga sangat aman, karena bisa dimulai dengan biaya yang ringan. 

Emas mini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menabung emas, karena biaya pembelian emas mini sangatlah rendah.

Kini juga ada perusahaan yang menjual emas dengan memanfaatkan aplikasi modern yaitu Dinaran. 

Pembuatan aplikasi yang di desain keren, membuat banyak orang tertarik untuk membeli emasnya. 

Dinaran menjadi situs dan aplikasi yang sangat aman untuk membeli emas, karena kinerjanya memiliki sistem keamanan yang sangat ketat.

3. Tentukan Modal Investasi Sesuai Kebutuhan Anda



Untuk memulai investasi, maka anda juga harus menentukan jumlah uang yang akan dikeluarkan. 

Dengan tujuan investasi yang jelas, maka anda bisa menghitung berapa jumlah uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan investasinya. 

Semakin besar target investasinya, maka modal yang harus dikeluarkan akan semakin besar.

Apabila anda seorang pemula yang tidak memiliki banyak modal, maka anda bisa memilih jenis investasi emas digital dan bisa memulainya dengan membeli emas mini. 

Ketika emas mini digital anda sudah terkumpul banyak, maka anda bisa menukarkan emas mininya dengan emas batangan. Investasi emas mini bisa dimulai dengan modal sekitar Rp 100.000 saja. 

Apabila anda seorang pemula, sebaiknya hindari investasi dengan modal yang besar. Namun saat anda sudah berpengalaman, maka anda bisa mencoba investasi dengan modal besar. 

Pastikan modal investasi yang dikeluarkan adalah uang pribadi anda, jangan sampai investasi dari uang pinjaman. Dengan modal yang tepat, maka investasi akan berjalan dengan baik.

Ketika anda sudah mengetahui jumlah jumlah modal yang dibutuhkan untuk investasi emas, maka anda bisa menentukan periode penyimpanan dan jumlah emas yang harus dibeli. 

Hitungan investasi emas yang paling umum adalah setiap bulan. Apabila anda ingin lebih cepat dalam pengumpulan emas, anda bisa investasi setiap satu minggu sekali. 

Bagi anda yang menyenangi perhiasan, maka anda juga bisa membelinya. Pilihan emas perhiasan biasanya terdiri dari kalung, cincin, gelang dan yang lainnya. 

Emas perhiasan biasanya dijual secara lebih ringan dan harga per gramnya terbilang murah. Namun emas perhiasan sangat cocok untuk investasi jangka panjang.

Membeli emas perhiasan bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki, sehingga tidak akan memberatkan anda. 

Pilihan emas perhiasan juga sangat variatif dan emas perhiasan juga punya harga yang terbilang stabil, bahkan cenderung selalu naik. Emas perhiasan yang paling murah harganya adalah emas perhiasan muda.

4. Gunakan Social Media Dan Edukasi Pelanggan Agar Mau Membeli Emas Anda

 

Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Sosial media merupakan suatu media yang bisa dipakai untuk melakukan komunikasi dan berbagi file secara gratis. 

Namun sosial media sering dianggap sebagai tempat berbagi berbagai hal, mulai dari status, foto dan video. 

Sisi positif sosial media yaitu untuk mempromosikan suatu bisnis atau usaha. Kini promosi di sosial media bisa lebih efektif saat menggunakan konsep iklan berbayar.

Sosial media yang paling populer di Indonesia yaitu Facebook, Instagram dan Twitter. 

Sosial media yang paling lama populer di Indonesia yaitu Twitter, namun sekarang popularitasnya sudah disusul oleh Facebook. Setelah adanya akuisisi Instagram oleh Facebook, maka Instagram juga mulai familiar di Indonesia.

Sosial Media juga sangat cocok dipilih untuk memasarkan emas, karena pengguna sosial media sangatlah luas. 

Anda juga bisa menambahkan berbagai edukasi tentang pentingnya investasi saham. Masih banyak masyarakat yang belum tau cara investasi saham yang benar, sehingga banyak yang merugi saat investasi saham.

Buat berbagai postingan yang bisa menarik banyak pelanggan untuk membeli emas. 

Postingan gambar atau video juga harus di tunjang dengan caption yang menarik, sehingga membuat banyak orang penasaran. 

Apabila promosi sosial media gratis kurang efektif, maka anda bisa menggunakan iklan berbayar seperti Facebook Ads dan Instagram Ads.

Untuk menjalankan Facebook Ads, maka anda harus membuat halaman facebook atau fanspage dan anda harus membuat postingan yang menarik di halamannya. 

Iklan facebook ads dan instagram ads sangat tergantung pada kualitas interestnya. Semakin tertarget interestnya, maka akan semakin banyak juga penjualan emas yang dihasilkan.

Penggunaan sosial media juga akan lebih efektif, apabila dihubungkan dengan website. Sosial media sangat cocok untuk dijadikan penunjang sebuah website. 

Ketika anda ingin memaksimalkan penjualan emas secara online, maka anda harus membuat website yang tampilannya profesional dan tambahkan sosial media sebagai penunjang keberhasilan pemasaran.

Ketika anda memposting berbagai hal mengenai emas dan anda yang melakukan komentar, maka anda harus bersikap fast respon. 

Jangan mudah tersinggung saat ada yang komen negatif, namun jawab komenan dengan jawaban yang memuaskan dan harus berdasarkan fakta. Dengan fast respon, maka anda akan dianggap penjual emas yang profesional.

5. Selalu Informasikan Tentang Harga Kenaikan Emas Pada Pelanggan

Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Ketika anda memasarkan emas, maka anda harus mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan emas. 

Untuk menunjang penjualan emas, maka anda bisa menambahan berbagai informasi update tentang kenaikan harga emas dan update bisa dimasukan dalam postingan sosial media. 

Dengan memasukan update harga, maka bisnis anda dalam memasarkan emas lebih terlihat profesional.

Untuk mengecek harga emas memang sangatlah mudah, karena banyak situs penyedia informasinya dan setiap situsnya bisa diakses secara gratis. 

Harga emas merupakan informasi yang sangat penting untuk para calon pelanggan, karena menjadi bahan pertimbangan. 

Untuk lebih optimal dalam investasi saham, sebaiknya beli emas saat harga turun dan jual emas saat harga sedang tinggi.

Biasanya akan banyak pelanggan yang membeli emas, saat harganya turun dan akan banyak yang menjual emas, saat harganya sedang naik. 

Teknik ini menjadi cara klasik yang masih banyak dilakukan sampai sekarang, karena terbilang masih efektif. 

Pastikan sajikan informasi secara konsisten, sehingga bisa memuaskan calon pelanggan atau para pelanggan anda.

Harga emas yang cenderung terus naik menjadi alasan pentingnya investasi emas dan investasi emas juga menjadi jenis investasi yang terbebas dari inflasi. 

Emas memiliki peluang kenaikan yang tinggi, saat adanya inflasi. Emas juga sangat mudah dicairkan, sehingga bisa dipakai untuk berbagai kondisi yang darurat atau mendadak.

6. Pilih Jenis Emas Untuk Investasi

Investasi emas juga bisa disesuaikan dengan jenis emasnya. 

Ada beberapa jenis emas yang bisa dipilih seperti emas perhiasan, batangan, koin emas, sertifikat emas, reksa dana emas, emas mini dan berbagai jenis lainnya. 

Jenis emas yang familiar di masyarakat adalah emas untuk perhiasan, karena paling mudah untuk di dapatkan.

Apabila anda memiliki modal yang besar dan memiliki tujuan investasi yang besar, maka anda bisa berinvestasi emas batangan. 

Untuk memperoleh emas batangan sangatlah mudah, karena disediakan oleh Pegadaian. Emas batangan juga bisa menjadi jaminan saat melakukan peminjaman uang di Pegadaian atau di bank konvensional.

Ketika modal ingin memiliki emas batangan dengan cara dicicil, maka anda bisa membeli dulu emas mini atau mini gold. 

Meskipun emas mini banyak dijual dengan konsep online, namun pembelian emas mini sangatlah aman. 

Apabila anda memiliki emas batangan dalam jumlah banyak, maka anda memiliki kekayaan yang sangat berlimpah.

Emas batangan adalah jenis emas yang diproduksi oleh PT Antam, sehingga kualitas emasnya sangatlah bagus. 

Emas antam pasti 24 karat dan memiliki tingkat kemurnian sekitar 99%. Untuk memperolah emas antam, anda bisa membelinya di kantor resmi antam atau anda bisa mengakses situs resmi antam secara gratis.

Demikian ulasan singkat mengenai cara berinvestasi emas bagi pemula dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Posting Komentar untuk "Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula"